Kemenag Mutasi Massal

Kemenag Mutasi Massal

\"Untitled\"RATU SAMBAN, BE - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, H Suardi Abbas, SH MHi, kemarin melantik  secara massal 240  pejabat di jajaran Kanwil Kemenag.  Rinciannya 112 pejabat di jajaran eselon III dan IV, 105 petugas Kantor Urusan Agama serta 23 Kepala Madrasah se-Provinsi Bengkulu.

Mutasi besar-besaran di jajaran Kanwil Kemenag ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama RI nomor B.II/3/00160 SD 00180 tertanggal 10 Januari 2013 dan sesuai dengan SK Kanwil Kemenag Bengkulu No Kw. 07.1/2/Kp07.6/941/2012 dan  dan nomor Kw 07.1/Kp.07.6/067/2013.   Pelantikan itu berlangsung di aula asrama haji, Padang Kemiling.  Dalam pelaksanaan pengambilan sumpah itu dihadiri juga Gubernur Bengkulu, H Junaidi Hamsyah SAg.

Gubernur dalam kesempatan tersebut berpesan, agar  para pegawai yang telah diberikan jabatan dapat melaksanakan dan melayani  masyarakat dengan sebaik-baiknya.  Begitu  juga dengan Kepala Kemenag baru di Kabupaten Bengkulu Tengah.  Ini merupakan tugas perdana di kabupaten  yang baru dimekarkan, sehingga  akan terasa cukup berat.  Pun begitu, di bawah pimpinan baru, diharapkan semangat baru dan dapat mengukir prestasi dan dapat melayani  masyarakat.

Sementara itu, Kakanwil  Kemenag Bengkulu, H  Suardi Abbas, SH MH mengatakan bahwa pelantikan massal ini harus dilakukan khususnya di Kementerian Agama karena ada perubahan nomenklatur,  dan  untuk  menyesuaikan dengan Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 13 Tahun 2012  tentang Organisasi dan Tata kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama bahwa pejabat di Lingkungan Kementerian Agama harus dilantik ulang sesuai nomenklatur yang baru.

Perubahan struktur tersebut  ada beberapa   perubahan nama bidang, seperti Kasubag Hukum, Kerukunan Umat Beragama dan Humas saat ini dipecah menjadi Kasubag Hukum dan Kerukunan Umat Beragama   dan  Kasubag Informasi  dan Humas, dan satu Kasubag  Perencanaan digabung dalam   Kasubag Keuangan dan Perencanaan.

Menurut Kakanwil, penerapan nomenklatur ini di Sumatera baru dilakukan di Lampung dan  Bengkulu.  Provinsi Bengkulu masuk dalam nomor urut ke-5 se-Indonesia.  Diakuinya ada sejumlah pegawai yang dipromosikan, seperti Drs H Ajamalus MH menjadi Kepala Kemenag di Bengkulu  Tengah, dan    sejumlah  pegawai dimutasi.

“Promosi dan mutasi jabatan adalah sesuatu yang biasa terjadi dalam setiap institusi sebagai bagian dari dinamisasi organisasi, serta untuk penyegaran,” terangnya.

Usai  pelantikan, Kakanwil beserta jajaran eselon III  langsung menuju Kantor Kemenag Bengkulu Tengah, sekaligus  menyerahkan susunan perangkat Kantor Kemenag Benteng ke Pemkab Benteng.  Diharapkan dengan Kemenag baru di Benteng, dapat diikutsertakan dan dilibatkan dalam urusan keagamaan.  Suardi Abbas, juga mengharapkan bantuan masyarakat Benteng supaya  pejabat yang baru saja dilantik dapat melaksanakan Tupokasi-nya dan profesional.

\"Kemenag  yang baru dilantik  agar cepat menyesuaikan diri dan berkoordinasi dengan dinas/instansi di daerah masing-masing dan mengambil langkah-langkah guna mempercepat pelayanan di daerah tersebut,\" tukasnya. (247)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: